Kiat Memperlakukan Pelanggan Dari Pengusaha Sukses Sukanto Tanoto

Pria yang lahir tahun 1949 di Belawan dan memiliki nama Sukanto Tanoto ini memang lebih
dikenal sebagai salah seorang pebisnis handal, sehingga mendapat julukan sebagai Raja Sumber
Daya. Yang mana sebutan tersebut didapatkan berkat kemampuannya dalam membesarkan
Royal Golden Eagle (RGE) yang awalnya memiliki nama Raja Garuda Mas. Awalnya ini adalah
perusahaan skala lokal saja, akan tetapi berkat tangan dingin dan kerjas keras Sukanto Tanoto,
RGE bisa berkembang dengan baik jadi korporasi skala global.

Dibawah naungan Sukanto Tanoto, RGE menerjuni berbagai bidang bisnis pemanfaatan sumber
daya alam. Mereka mempunyai perusahaan yang bergerak di bidang industri kelapa sawit, serat
viscose, selulosa spesial, energi, hingga pulp and paper. Kesuksesan yang didapatkan RGE
pastinya tidak lepas dari pengalaman panjang yang dimiliki Sukanto Tanoto dalam berbisnis.
Bayangkan saja, ia sudah menerjuni dunia bisnis sejak usianya masih terbilang muda. Hal
tersebut awalnya dilakukan untuk menyambung hidup.

Kiat Memperlakukan Pelanggan Dari Pengusaha Sukses Sukanto Tanoto

Complementary team

Semua karyawan pastinya harus bisa saling melengkapi. Mereka bekerja saling membantu satu
sama lain untuk menggapai satu tujuan yang sama. Sukanto Tanoto tengah menyebutnya
sebagai complementary team dengan harapan agar proses kerja ditubuh RGE dapat berjalan
mulus, sebab semua belah pihak tidak membatasi pekerjaan jadi per bagian. Semua jadi satu
kesatuan untuk mencapai target. Tim yang saling melengkapi sebetulnya sudah jadi satu bagian
dari keseharian RGE sejak lama. Misalnya saja Asian Symbol dan Pacific Oil and Gas.

Ownership

Sukanto Tanoto juga memasukkan rasa kepemilikan sebagai salah satu bagian dari nilai dasar
Royal Golden Eagle. Hal tersebut dimaksudkan agar semua karyawan merasa mempunyai
perusahaan. Perwujudannya banyak sekali macamnya, lewat nilai dasar inilah karyawan akan
diajak untuk menggapai target. Tujuan dipercaya akan digapai sebab ada keyakinan semua bisa
dilakukan dengan baik. Khususnya bagi seorang pemimpin, kepemilikan ini ditujukkan dengan
memimpin melalui contoh yang nyata. Mereka melakukan berbagai hal supaya jadi panutan
bagi timnya.

People

Selain hal di atas, Sukanto Tanoto juga mengharuskan RGE bisa memperlakukan karyawan –
karyawannya secara adil dan profesional. Dalam perusahaan, tak ada pembeda – bedaan,
semuanya mendapatkan kesempatan untuk berkembang yang sama. promosi atau pun
penghargaan didapatkan berdasarkan kemampuan dan juga prestasi.

Integrity

Ini adalah salah satu bagian paling penting dari operasi perusahaan. Tanpa ada integritas bisa
dipastikan laju operasional sebuah perusahaan tak akan dapat berjalan dengan baik. Hal
tersebut yang mendasari Sukanto Tanoto mencanangkannya sebagai salah satu bagian dari nilai
dasar RGE. Sukanto Tanoto bermaksud menyatakan bahwasannya semua pihak haruslah selalu
bisa jaga integritas tiap saat. Bertindak jujur adalah suatu keharusan. Semua masalah juga harus
diselesaikan sebaik mungkin.

Customer

Tanpa ada pelanggan, maka roda bisnis tak akan pernah bisa berputar dengan baik. Sukanto
Tanoto menyebutkan bahwa orientasi pelanggan sebagai salah satu nilai dasar di tubuh Royal
Golden Eagle. Dengan berpegangan pada nilai dasar inilah, RGE diharap akan selalu mampu
hasilkan produk dan juga layanan terbaik. Tujuannya adalah agar bisa memberikan kepuasan
kepada para pelanggannya.

Contoh yang paling bagus mengenai menjalankan nilai – nilai dasar berorientasi pada para
pelanggan yang dijalankan oleh Asia Symbol. Mereka pernah mendapatkan pembeli yang
inginkan kertas dengan 79 – 80 gram per lembar. Padahal saat itu produk tersebut masih belum
ada. Tetapi Asian Symbol mau menata mesin untuk akomodasikan keinginan para pelanggannya
yang pada akhirnya bisa hasilkan kertas sebesar 79.5 gram per lembar. Sebab merasa puas,
pelanggan akhirnya meningkatkan order hingga 10 kali lipat.

Comments

Popular posts from this blog

Penjualan Tiket Pesawat Online Mudah dan Murah